Rabu, 25 Mei 2011

Paskah Lingkungan St. Bonaventura: MEMBANGKITKAN SEMANGAT GENERASI MUDA

Bertempat di Poncol Atas, persisnya di kediaman Bapak Heru Pitoyo, Sabtu (14/05/2011), sejak pukul 09.00 WIB, lingkungan St. Bonaventura, Paroki St. Paulus Depok mengadakan acara Paskah bersama yang secara special dikoordinir oleh Orang Muda Katolik (OMK) dan Bina Iman Anak (BIA) lingkungan setempat.

Dukungan Orangtua
Paskah lingkungan St. Bonaventura, Paroki St. Paulus Depok
Sabtu (14/5/.2011)
Selain diikuti oleh hampir 30-an anak-anak dari 50 orang BIA dan OMK berdasarkan data, acara ini dihadiri kurang lebih 100 umat termasuk para undangan. Misa yang dipersembahkan oleh Romo Tauchen Hotlan Girsang, OFM) ini dimeriahkan oleh koor Bina Iman Anak yang beranggotakan anak-anak dari lingkungan binaan Ibu Nicolina. Menurutnya “gampang-gampang susah dalam mengumpulkan anak-anak dalam melakukan berbagai kegiatan lingkungan misalnya latihan koor, Rosario, pedalaman Kitab Suci, dll tetapi sejauh ini hampir tidak mendapatkan hambatan apapun. Hal ini berkat dukungan serta motifasi yang baik dari semua orangtua”, ujarnya.

Mengawali misa namun sebelumnya telah dilakukan berbagai kegiatan khusus bagi anak-anak seperti: lomba mencari telur dan mewarnai telur paskah, mozaik, kuis Kitab Suci dan masih banyak lagi kegiatan. Yang akan dilanjutkan setelah misa. Kepanitiaan yang dipercayakan kepada kaum muda ternyata tidak sia-sia. Segala sesuatunya hampir terorganis secara baik. Edo salah seorang OMK yang kini berada di bangku kelas satu Sekolah Don Bosco-Pondok Indah, mengaku sangat senang karena hampir semua anak-anak dan OMK dilibatkan.

Menjadi Teladan
Salah satu acara Paskah lingkungan St. Bonaventura,
Sabtu (14/5/.2011)
Berbeda dengan Bapak Yohanes Kadiman, ketua lingkungan St. Bonaventura. Orang muda harus kita berikan kepercayaan. Orangtua sebatas memantau dan mengawasi. Untuk itu harapannya semoga dengan acara Paskah bersama dengan tema: “Bangkitnya Generasi Terpilih Dalam Kemuliaan” yang terinspirasi dari Kitab Roma 8:29-30 ini dapat membangkitkan semangat generasi muda lingkungan Bonaventura sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Ketika ditanya apa peran anda sebagai ketua lingkungan dalam memimpin umat sehingga umat dapat terlibat aktif dalam segala kegiatan? Bapak keturunan Betawi ini menuturkan “ data yang ada hampir 90 % umat lingkungan St. Bonaventura terlibat aktif, sisanya disebabkan oleh faktor yang bersangkutan harus bekerja, kuliah, dsb. Oleh sebab itu jadikanlah diri kita sendiri sebagai contoh/ teladan yang baik kepada sesama”. Beliau juga berpesan “generasi muda sebagai harapan gereja harus terus kita dukung dan selalu memberikan motifasi penuh dari semua pihak terutama dari para orangtua. Sehingga tidak pada level lingkungan saja namun lebih dari itu mereka bisa berperan aktif ditingkat paroki. Untuk mencapainya harus kita ciptakan kerjasama yang baik, hubungan yang harmonis antar sesama umat, melakukan kunjungan ke rumah-rumah, kegiatan kolektif lain dalam mempererat rasa kekeluargaan seperti arisan, saling peduli. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pemimpin yang mau menerima koreksi/ masukkan dari orang lain, tegasnya.

Rajin Berdoa
Foto bersama warga Lingkungan St. Bonaventura
Penuh canda tawa, dalam homili singkatnya Rm. Tauchen dalam berdialog dengan anak-anak menekankan untuk tetap rajin berdoa kepada Tuhan Yesus. Oleh sebab itu orangtua dalam hal ini harus rela berkorban untuk memberikan contoh dan teladan yang baik kepada anak-anak dalam hal berdoa. Bimbing dan arahkan mereka untuk menjadi anak sehat, rajin dan pintar. Mereka adalah potensi yang dimiliki lingkungan St. Bonaventura. (Darius Atarega-Ko. Sie Komsos Paroki St. Paulus Depok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbicara adalah hak asasi manusia dari setiap individu, tetapi gunakan hak itu sesuai dengan peraturan yang berlaku serta budaya lokal yang membangun. Salam kasih. Admin