Rabu, 25 Mei 2011

Rekoleksi Paskah; Lingkungan St. Alfonsus dan Sta. Sisilia

Rekoleksi Paskah; Lingkungan St. Alfonsus dan Sta. Sisilia
Acara yang pernah dilakukan setahun yang lalu, Sabtu-Minggu (30 April-1 Mei 2011) , umat lingkungan St. Alfonsus dan Sta. Sisilia yang tergabung dalam Wilayah I. Paroki St Paulus Depok kembali menyelenggarakan rekoleksi Paskah 2011 di villa Erema Puncak untuk kedua kalinya. Selain melepaskan rutinitas sehari – hari namun lebih untuk mendekat diri kepada Tuhan atas kebangkitan-Nya dan mengawali bulan Rosario.

Sekitar pukul 10 pagi, pesert tiba dilokasi dan langsung diarahkan oleh Liaison Officer (LO) semacam tour guide yang melayani tamu/ pengunjung ke penginapan sesuai dengan daftar kamar, sambil mengisi perut dalam acara snack time. Tepat pukul 11.00 siang acara pun dimulai. Ice breaking yang dikomandani Sr. Arini, CB mencairkan suasana peserta dari kekakuan serta kelelahan. Suster yang sudah memasuki usia 67 tahun itu ternyata masih tersimpan jiwa dan semangat muda. Hal itu terlihat dari kempuannya dalam menciptakan suasana penuh ceria dan mengajak umat yang terdiri dari anak – anak, remaja, dewasa, bahkan lanjut usia untuk bergembira lewat bernyanyi dan bermain.

Santai Tapi Serius
Rekoleksi yang mengusung tema: “Dengan Semangat Paskah Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Basis”, dilanjutkan setelah makan berakhir. Adanya celetukan dan canda tawa umat untuk mengusir rasa bosan menambah suasana kekeluargaan. Santai tetapi serius rekoleksi ini berjalan dengan baik hingga pukul 5.00 sore. Setelah coffee break, sesi selanjutnya, umat diajak untuk membentuk komunitas basis yang beriman kepada Yesus. Menjadi lengkap sebelum makan malam bersama, terlebih dahulu peserta diberikan berkat rohani lewat Misa Kudus yang dipimpin oleh Romo Stanislaus Agus Haryanto OFM yang akrab disapa Romo Haryo. Acara yang berlanjut dengan melakukan sharing dan diskusi dengan Suster dan Pastor ditutup dengan doa Rosario bersama, berkenaan dengan bulan Mei merupakan bulan sukacita yang difokuskan pada Bunda Maria.

Hari berikutnya, setelah renungan dan sarapan pagi, peserta diajak mengikuti permainan dinamika kelompok yang sudah disiapkan oleh Orang Muda Katolik (OMK). Permainan melibatkan semua peserta termasuk pastor dan suster itu, diantaranya adalah: permainan adu cepat memindahkan karet gelang dengan media tusuk gigi sampai adu cepat memasukkan paku ke dalam botol, dll.

Ditengah seruhnya permainan, waktu memaksa untuk menghentikan rangkaian acara Rekoleksi wilayah I. Setelah makan siang, tibalah saatnya rombongan untuk kembali ke Depok. Derasnya hujan tidak mengahalangi semangat dan keceriaan di wajah para peserta. Sebuah pertanda untuk membawa semangat dan keceriaan baru yang bermanfaat bagi sesama umat lingkungan St. Alfonsus dan Sta. Sisilia. Semoga harapan menuju langkah nyata dalam membangun dan mempererat persaudaraan komunitas basis yang beriman kepada Yesus menjadi kenyataan dalam keluarga, lingkungan dan gereja (paroki) kita. Tuhan memberkati. (Dita/Dito/Alex)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbicara adalah hak asasi manusia dari setiap individu, tetapi gunakan hak itu sesuai dengan peraturan yang berlaku serta budaya lokal yang membangun. Salam kasih. Admin