Senin, 14 Maret 2011

Mereka Yang Terpanggil Melayani Umat Tuhan

Rm. Stanislaus Agus Haryanto, OFM dan para Prodiakon St. Paulus Depok
Suasana rapat Prodiakon St. Paulus Depok
Istilah prodiakon adalah sebutan umum di beberapa Keuskupan diangkat oleh Uskup setempat dengan penugasan-penugasan tertentu dalam jangka periode waktu tertentu. Beberapa Keuskupan lain prodiakon menggunakan istilah yang lain, seperti Asisten Imam atau Asisten Pastoral. See Moresecara liturgis alias PRODIAKON menurut Pedoman Umum Misale Romawi (PUMR) 162 adalah mereka yang dilantik secara liturgis yang bertugas membantu pastor dalam melayani umat beriman diantaranya adalah membantu membagikan Komuni, memimpin ibadat Sabda, bahkan homili atau kotbah, dll.

Mereka adalah yang merasa ‘terpanggil’ untuk jadi pelayan umat. Tidak bisa dipungkiri bahwa di beberapa paroki ada prodiakon yang hanya mencari status. Mereka bangga disebut prodiakon, bisa pakai alba, bisa duduk di panti imam, dihormati oleh umat, tetapi sering mangkir kalau diberi tugas dan biasanya tidak tulus saat melayani umat. Dan masih ada prodiakon yang ‘terpaksa’ menjadi prodiakon karena di lingkungannya tidak ada yang bersedia menjalankan tugas mulia ini.

Keberadaan prodiakon di paroki-paroki agaknya kini semakin diperhitungkan, baik oleh hierarki Gereja maupun oleh umat awam. Mereka bukan lagi ‘pajangan’ di panti imam. Dalam peristiwa-peristiwa tertentu keberadaan mereka sungguh dibutuhkan oleh umat, ketika pada saat para pastor paroki kewalahan melayani umat yang dari hari ke hari semakin bertambah seperti terjadi di paroki St. Paulus Depok.

Mengingat pentingnya tugas pelayanan ini maka Minggu (13/2) para prodiakon St. Paulus Depok menggelar pertemuan dengan Rm. Stanislaus Haryanto, OFM di ruang Galatia. Acara ini lebih ke arah perkenalan dengan Romo Haryo sebagai pastor baru. Selain itu mensosialisasi program/ tugas yang akan dijalankan nanti, kebetulan dari 32 prodiakon ada wajah-wajah baru. Diharapkan kami semua bisa meperoleh masukkan atau pencerahan dari Romo Haryo sehingga dapat menghantar kami kepada pemahaman dan penghayatan tugas serta pelayanan kepada umat secara lebih baik. Demikian diungkapkan Bapak Slamet Riady, koordinator prodiakon paroki St. Paulus Depok. Selamat melayani umat Tuhan. (Darius AR-Komsos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbicara adalah hak asasi manusia dari setiap individu, tetapi gunakan hak itu sesuai dengan peraturan yang berlaku serta budaya lokal yang membangun. Salam kasih. Admin