Jumat, 01 Juli 2011

MARI BANGUN SEMANGAT KEBERSAMAAN

Rm. Tauchen Hotlan Girsang, OFM, dan umat Paroki St. Paulus
Hari ini kita merayakan Hari Paroki yang ke-51. Tentu saja kita patut bersyukur kepada Tuhan. Atas berkat-Nya kita bisa mengarungi hidup menggereja di paroki kita. Berbagai suka duka telah kita lewati bersama. Ibarat bahtera, Paroki St. Paulus sedang mengarungi samudera zaman dengan segala gelombang pencobaan. Barangkali, satu pertanyaan kecil saya ini bisa kita jadikan bahan refleksi. Kira-kira apa yang dapat saya banggakan sebagai anggota paroki selama ini?

Tema yang diusung dalam HUT pesta nama pelindung Paroki St. Paulus Depok ke-51 ini adalah “mari kita kembangkan iman dan perkokoh solidaritas umat melalui inkulturasi keanekaragaman budaya”. Maksud dari tema ini adalah suatu ajakan kepada setiap umat paroki untuk ikut berpartisipasi membangun persatuan, kekompakan, dan kerjasama tanpa membeda-bedakan berdasarkan etnis, suku atau kelompok yang meruntuhkan kebersamaan yang dibangun, namun langkah konstruktif yang harus kita lakukan demi kebaikan kita. Singkatnya mari kita bangun semangat kebersamaan, spirit of togetherness. Paroki ini hanya bisa maju kalau kita bisa dengan hati yang terbuka dan ikhlas saling menerima perbedaan antara yang satu dengan yang lain.

Kita percaya bahwa selama ini Santo Paulus dan Santo Petrus, yang menjadi orang kudus pelindung paroki kita, mendoakan umat paroki ini dan memohon kepada Tuhan agar senantiasa hadir untuk menjaga dan melindungi dalam segala usaha dan karya. Kepercayaan inilah yang mendorong kita untuk berbagi pelayanan atas dasar IMAN. Semoga saja kita mampu melayani di gereja atas dasar iman kepada Tuhan, dan bukan atas dasar kepentingan.

Sebab, jika pelayanan kita selalu berdasar pada kepentingan, entah itu pribadi, keluarga, atau kelompok, maka kita sudah berjalan menuju pada pengkotak-kotakan dan akhirnya dapat menimbulkan perpecahan. Dan kita akan selalu menyebut diri: aku dari golongan apolos, aku dari golongan paulus, aku dari golongan Kristus. Padahal kita dipersatukan di dalam iman yang satu dan sama yaitu Tuhan Yesus.

Antusias umat dalam senam sehat
Antusiasme umat merayakan hari paroki ke-51 sudah nampak dan cukup membawa hasil yang menggembirakan. Hal itu terlihat dari kegiatan yang diadakan seperti senam sehat keluarga, lomba merawat taman, lomba vokal group, perlombaan olah raga, konser, fashion rohani anak, pengobatan gratis, donor darah, pembagian pakian layak pakai, panggung gembira, work shop hingga acara live-in dan Misa Kudus pada acara puncak tanggal 3 Juli 2011. Banyak lingkungan sudah terlibat aktif khususnya para orang muda katolik (OMK). Kita patut berterima kasih kepada yang terlibat. Namun, kita juga tak bisa menutup mata terhadap saudara kita dari beberapa lingkungan yang tidak terlibat dengan berbagai alasan. Mari, kita ajak mereka untuk bergabung. Marilah kita undang mereka untuk mempunyai rasa memiliki, sense of belonging. Sebab, kegiatan semacam ini merupakan kesempatan emas bagi kita untuk menggalang paguyuban yang kuat. Peluang amat langka untuk saling berbagi rasa dalam suka dan duka.

Kita selalu berharap kepada Tuhan. Dialah sumber penghiburan kita. Dia tahu apa yang sedang terjadi pada kita. Dia tahu apa yang terbaik untuk kita saat ini. Manusia hanyalah merencanakan. Kita menginginkan agar semuanya berjalan baik dan lancar. Kita menginginkan membangun ruang bina iman anak. Kita mau memperindah gereja. Kita mau memperbaiki semangat pelayanan kita. Kita berusaha untuk mengupayakan kebaikan bersama. Semuanya ini bisa dicapai apabila kita memiliki semangat kebersamaan. Sekarang, kita sedang berbenah. Kita sedang membaharui managemen. Kita sedang memperbaharui sistem pelayanan kita. Semoga saja semakin banyak umat yang sadar akan pembaharuan ini. Semoga kehendak-Nyalah yang dapat terlaksana dari semua impian kita semua. Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbicara adalah hak asasi manusia dari setiap individu, tetapi gunakan hak itu sesuai dengan peraturan yang berlaku serta budaya lokal yang membangun. Salam kasih. Admin