Minggu, 28 Juni 2020

Buka Puasa Bersama FKKUKD: “NKRI Harga Mati, Pancasila Abadi”

DEPOK – Buka Puasa Bersama Ramadhan 1440 H yang digagas FKKUKD (Forum Komunikasi dan Kerja sama Umat Kristiani Kota Depok) di Ballroom Yudhistira, Hotel Santika – menghadirkan sejumlah kyai dan ulama Kota Depok bersama para tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, Pemuda Pancasila serta aparat TNI dan POLRI (Senin, 20/05/2019). Kompol Roni Wowor (Ketua Panitia Acara) dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai ajang yang perlu digalakkan secara rutin untuk meningkatkan solidaritas dan toleransi kemanusiaan.

Sambil menanti waktu berbuka, KH Mohammad Abdul Mujib (Pengasuh Pondok Pesantren Assa’adah Cipayung – Depok) memberikan Tausiah perihal makna berpuasa dalam semangat hidup beriman dan berbangsa.

“Kita bersyukur bahwa Indonesia itu beragam. Kita harus membangun kasih sayang dan persatuan, jangan ada kekerasan pada bangsa ini dengan tindakan dan ucapan yang akan memecah bangsa”, tuturnya.


Beliau menjelaskan makna puasa secara mendalam bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, namun terlebih menahan emosi, nafsu dan keserakahan. “Orang bila berpuasa tetapi mulutnya membenci, maka nilai puasanya tidak ada”, tegasnya sambil menuturkan ketidakinginan akan bangsa ini terpecah seperti negara-negara Timur Tengah (Suriah dan Yaman).

Lebih dari itu para tokoh lintas agama Kota Depok pun memberikan tiga pernyataan penting. Pertama, ungkapan terima kasih kepada semua elemen atas Pemilu yang telah berlangsung dengan jujur, adil, transparan, aman dan damai. Kedua, penolakan tegas ajakan gerakan People Power yang akan merusak keutuhan bangsa. Masyarakat diimbau untuk menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Ketiga, memberikan dukungan kepada TNI POLRI untuk menindak tegas pihak-pihak yang akan merusak keutuhan bangsa.

“Ibadah puasa menjadi momentum untuk meningkatkan tali silaturahmi semua anak bangsa. Kita jaga persatuan dan keutuhan NKRI – merawat kebhinekaan dan merajut persaudaraan”, jelas Kombes Pol Didik Sugiarto yang juga hadir dalam acara ini. Beliau mengajak agar semua masyarakat khususnya warga Depok untuk membangun kesatuan bangsa dengan menjaga persaudaraan dan silaturahmi. Acara makan bersama pun menjadi penutup dari seluruh kegiatan ini.

_______________________
RD David/Komsos Keuskupan Bogor/ Foto Ilustrasi: Darius Leka SH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbicara adalah hak asasi manusia dari setiap individu, tetapi gunakan hak itu sesuai dengan peraturan yang berlaku serta budaya lokal yang membangun. Salam kasih. Admin